Sunday, November 4, 2012

Rotasi Bumi itu Cepat atau Lambat ?

Sebenarnya gerakan rotasi bumi itu cepat atau lambat sih ? Jika anda pertanyakan ini ke orang orang yang ada disekeliling anda maka rata rata mereka akan menjawab
dengan yakin bahwa Gerakan Rotasi Bumi itu cepat. Mereka menjawab begitu karena mereka tahu bahwa untuk sekali rotasi, keliling ( lapisan paling luar ) bumi menempuh berjuta juta kilometer hanya dalam waktu 24 jam saja.
Rotasi Bumi itu Cepat atau Lambat ?
Tapi apakah alasan itu saja sudah cukup kuat untuk menyimpulkan bahwa gerakan rotasi bumi itu cepat ? mari kita ulas bersama disini. Untuk satu kali putaran (360 derajat) bumi memerlukan waktu 24 jam. Padahal roda sepeda motor kita aja bisa berputar beberapa kali dalam waktu 1 detik.Bisa dibayangkan betapa lambatnya gerakan rotasi bumi itu. Untuk lebih jelasnya silahkan lakukan percobaan ini. Ambil 1 bola besket dan 1 bola tennis, lalu suruh temanmu untuk memutar 2 bola tersebut secara bersamaan dan dengan kecepatan yang sama sehingga bola tersebut menempuh 1 putaran dalam waktu yang bersamaan. Dari hasil praktek ini Maka anda akan melihat bola itu berputar dengan serasinya. Tapi setelah dihitung kecepatannya ternyata berbeda, si bola basket ternyata lebih cepat dari pada bola tennis. Padahal kita tadi melihat gerakan bola yang diputar tadi itu bergerak dengan kecepatan yang sama sehingga tampak serasi, tapi mengapa setelah dihitung kecepatannya berbeda yak??

Yupp hanya satu penyebabnya karena diameter bola basket lebih besar dari pada diameter bola tennis. Sehingga menyebabkan jarak tempuh yang berbeda walaupun dengan kecepatan yang sama.

Kesimpulannya rotasi bumi itu sebenarnya bergerak lambat tetapi menempuh jarak yang sangat jauh itu disebabkan karena diameter bumi yang sangat sangat besar

Itu hasil pemikiranku, apakah anda setuju ??

Related Post:

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda tapi Jangan Nyepam Ya ^_^