Friday, September 28, 2012

Pengertian Penyakit Tremor

Penyakit Tremor adalah tubuh gemetar yang disebabkan oleh gerakan otot ritmis bolak balik yang tidak disengaja. Tremor juga bisa terjadi hanya pada sebagian tibuh aja seperti tangan, kepala, kaki, dll. Tremor yang paling umum adalah tremor fisiologi, jenis tremor ini akan muncul ketika seseorang sedang gugup, takut atau gembira secara berlebihan. Jadi sudah dapat dipastikan bahwa semua orang pasti akan mengalami tremor fisiologi ini.


  • Macam - Macam Tremor :

  1. Tremor Esensial atau Tremo Aksi
  2. Tremor Kinetik atau Tremor disengaja
  3. Tremor Fisologi
  4. Tremor Parkinson
  5. Tremor Statis
  6. Tremor Pill-Rolling


  • Penyebab Tremor :

  • Tremor bisa terjadi karena banyak hal. diantaranya karena kecapekan, gugup, minum alkohol, mengonsumsi narkoba, kondisi kejiwaan, mengidap penyakit prakinson, faktor usia, sering mengangkat benda berat dll.Seseorang bisa saja mempunyai penyebab tremor yang berbeda dengan orang yang lainnya, itu semua tergantung dengan jenis tremor yang diderita oleh penderita.


  • Gejala Tremor :

  • Gejala atau ciri - ciri orang yang akan mengidap penyakit tremor adalah mudah capek, tubuh sering kedutan, sering mimpi buruk seperti seolah olah kita sedang jatuh ke dasar bumi, jantung tiba - tiba berdebar dengan sendirinya dll. Gejala diatas tidak harus muncul semuanya, bisa saja hanya muncul beberapa aja.


  • Pencegahan dan pengobatan tremor :

    1. Lakukan senam aerobik minimal 5 kali dalam seminggu ini terbukti cukup efektif untuk menekan tremor yang akan keluar. penelitian juga telah melakukan penelitian bahwa seseorang yang habis melakukan senam aerobik akan ebih bisa mengontroldirinya dari pada orang yang tidak melakukan senam aerobik.
    2. Hindari pemakaian kosmetik yang mengandung merkuri karena itu sangat berbahaya. Yup walaupun hanya dioleskan di wajah tapi merkuri yang terkandung dalam kosmetik bisa menembus kulit dan masuk ke pembuluh darah.
    3. Jangan mengonsumsi kafein, alkohol, narkoba. Ada orang yang berpendapat bahwa alkohol dapat mengurangi tremor. Itu tidak benar, penelitian medis sudah membuktikannya alkohol hanya akan menambah parahkan penyakit tremor, kesembuhan yang disebabkan oleh meminum alkohol hanya sementara saja setelah itu tremor akan bertambah parah. Begitupun dengan mengonsumsi kefein, kafein hanya akan menambah kadar andrelin dalam tubuh kita yang menyababkan tremor bertambah parah. Kalau kafein aja berbahaya untuk penderita tremor apalagi apalagi narkoba kebayangkan kerusakan yang akan disebabkannya.
    4. Jika tremor sudah mengganggu aktivitas anda disarankan untuk meminum obat betablocker, jika ini tidak mempan bisa juga meminum obat yang mengandung primidone. Tapi awas kecanduan pemakaian obat harus dibawah bimbingan dokter profesional.
    5. Jika obat - obatan juga tidak mempan maka bisa dilakukan dengan operasi bedah talamotomi, operasi ini bertujuan untuk memutuskan liingkaran saraf di otak yang akan mempunyai efek samping seperti susah berbicara dan akan terganggunya keseimbangan kita. Namun dengan kemajuan teknologi sekarang efek samping itu bisa diminimalisirkan bahkan bisa dikatakan Nol alias tidak ada efek sampingnya.

    Related Post:

    1 Comments
    Tweets
    Komentar

    1 comment:

    Silahkan Tinggalkan Komentar Anda tapi Jangan Nyepam Ya ^_^